Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
  • Balitkabi
  • Balitkabi
  • Balitkabi
  • Balitkabi
7. Semnas2014
2. Procurement
4. Stok Benih
1. Digital Library

Ads on: Special HTML
ACIAR-Balitkabi-BPTP Aceh Dukung Pemberdayaan Wanita Tani PDF Cetak E-mail
Rabu, 05 Desember 2012 11:39

“Building more profitable and resilient farming system in Nanggroe Aceh Darussalam” merupakan fokus kegiatan ACIAR Project di Provinsi Aceh. Salah satu target akhir projek ini adalah pemberdayaan kelompok wanita tani (KWT), melalui kegiatan on farm maupun off farm. Untuk itu, ACIAR bekerjasama dengan Balitkabi dan BPTP Provinsi Aceh melaksanakan “Sosialisasi varietas unggul kabi dan pengolahannya” pada tanggal 27-28 November 2012 di BPTP Banda Aceh. Selain mendukung diversifikasi pangan dengan memanfaatkan bahan pangan lokal, kegiatan ini juga diharapkan menambah pendapatan wanita tani sebagai pengrajin makanan. Kegiatan ini dibuka oleh Ibu Ir. Nazaria, Koordinator Pelaksana Proyek ACIAR mewakili Kepala BPTP Aceh dan diikuti oleh 30 peserta yang terdiri atas 5 KWT dan 7 PPL dari 3 kabupaten (Aceh Timur, Aceh Barat, dan Aceh Besar) serta 3 orang staf  BPTP  Provinsi Aceh. Salah seorang PPL, yakni Ibu Supriyani yang berasal dari Aceh Barat, merupakan PPL Teladan Tingkat Nasional tahun 2012.

Peserta mengikuti penyampaian materi pengenalan varietas unggul kabi dan produk olahannya.Peserta mengikuti penyampaian materi pengenalan varietas unggul kabi dan produk olahannya.

Materi yang disampaikan meliputi pengenalan varietas unggul kabi, jenis umbi-umbian potensial dan pengolahannya menjadi beragam produk pangan oleh Ir. Erliana Ginting MSc dan display produk olahan, antara lain kacang tanah lemak rendah, tiwul instan dan bola-bola cassava (berbahan baku tepung ubikayu), kastengel, stick mocaf, dan fancy cookies (ketiganya berbahan baku 50% mocaf), selai ubijalar rasa nenas dan anggur, sweetpotato stick (berbahan baku pasta ubijalar) serta lidah kucing, jenang, dan sweetpotato chocochip (berbahan baku tepung ubijalar). Kegiatan praktik/demo yang dipandu oleh Rahmi Yulifianti, STP dan Lina Kusumawati, SSi. Produk olahan yang didemokan adalah susu kedelai dari varietas Anjasmoro, produk olahan ubikayu (singkong keju, wingko, cassava blanca, brownies, dan cake tape),  produk olahan ubijalar (mie ubijalar ungu, onde-onde, kue mangkok, martabak manis, es krim), dan mie talas/mbote. Kepada peserta juga dibagikan resep dan leaflet resep produk olahan umbi-umbian serta deskripsi varietas unggul kabi.

Ibu Suryani, PPL Teladan Tingkat Nasional 2012 (berkerudung hitam) dan anggota KWT lainnya antusias mengikuti praktek pengolahan mie talas/mbote, onde-onde, dan martabak manis dari ubijalar.Ibu Suryani, PPL Teladan Tingkat Nasional 2012 (berkerudung hitam) dan anggota KWT lainnya antusias mengikuti praktek pengolahan mie talas/mbote, onde-onde, dan martabak manis dari ubijalar.

Peserta sangat antusias karena belum pernah mengikuti pelatihan pengolahan kabi dan tidak terburu-buru untuk pulang meski pelatihan berlangsung sampai pukul 15.00 WIB. Peserta juga tidak sungkan untuk bertanya dan menyatakan pendapatnya secara spontan sehingga pelatihan berlangsung dengan suasana yang akrab dan penuh canda. Ternyata wanita Aceh sangat ramah, mudah akrab, dan humoris. Hal ini tampak dari partisipasi semua peserta saat membuat onde-onde dari ubijalar sehingga dapat diselesaikan dalam hitungan menit. Menurut peserta, produk yang ditampilkan cukup menarik dan enak rasanya serta tidak sulit untuk dipraktekkan. Mereka juga cukup terkesan dengan produk mie basah yang dibuat dari 50% pasta ubijalar/mbote karena dapat diolah menjadi mie Aceh, salah satu produk makanan khas Aceh yang biasanya dibuat dari 100% terigu. Di samping itu, ubikayu dan ubijalar serta talas banyak tersedia di Aceh, termasuk jenis ubijalar yang berwarna ungu (varietas lokal), sehingga mereka bersemangat untuk mencobanya sendiri setelah pelatihan ini. Para PPL pun berjanji akan menularkan ilmu dan keterampilan yang mereka dapatkan ke KWT lainnya di daerah mereka masing-masing. Semoga pelatihan ini memberi manfaat untuk para wanita tani di ujung barat Indonesia ini yang siap untuk membangun sistem pertanian yang tangguh dan menguntungkan.

Peserta tersenyum bangga dengan mie ubijalar dan mie talas/mbote hasil praktek sendiri dan foto bersama setelah selesai pelatihan.Peserta tersenyum bangga dengan mie ubijalar dan mie talas/mbote hasil praktek sendiri dan foto bersama setelah selesai pelatihan.




 
Joomla Templates by JoomlaVision.com