Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
  • Balitkabi
  • Balitkabi
  • Balitkabi
  • Balitkabi
2. Procurement
1. Digital Library
4. Stok Benih
Prosiding

Ads on: Special HTML
Balitkabi Latih Kelompok Wanita Tani dan Pengrajin Makanan PDF Cetak E-mail
Kamis, 29 Desember 2011 08:19


Sosialisasi produk olahan pangan dari bahan baku umbi-umbian gencar dilakukan oleh Balitkabi untuk mendukung program percepatan penganekaragaman konsumsi pangan berbasis sumber daya lokal. Pada Desember ini, Balitkabi melakukan sosialisasi dan pelatihan produk olahan pangan dari ubijalar, ubikayu dan mbote kepada para Kelompok Wanita  Tani (KWT) dan pengrajin makanan di Kota Probolinggo, Kabupaten Trenggalek dan Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) Provinsi Kalimantan Timur.


Di Probolinggo, latihan diikuti 114 orang yang terdiri dari 10 Tim Penggerak PKK Kota Probolinggo, 21 anggota kelompok tani, 54 pengrajin makanan, dan 29 perwakilan PKK Kelurahan. Dalam kesempatan tersebut, Drs. Dohni Harjanto, M.Si., Sekda Kota Probolinggo berkenan memberikan sambutan dan membuka acara pelatihan. Beliau sangat mendukung acara yang digagas oleh Ibu Ketua Tim Penggerak PKK bekerjasama dengan Dinas Pertanian Pemkot Probolinggo. Antusias para peserta untuk mengikuti acara pelatihan itu ditunjukkan dengan semangat mereka mengikuti semua kegiatan sampai akhir acara. Produk apa yang dapat kami buat dari produk lokal Probolinggo yang terkenal yaitu mangga dan anggur agar mempunyai nilai lebih?. Demikian pertanyaan yang dilontarkan oleh salah seorang peserta pada Dr. Joko Susilo Utomo salah satu pakar pangan Balitkabi. “Buah mangga dan anggur dapat dijadikan pewarna untuk selai ubijalar tanpa mengurangi kualitas selai. Bahkan kandungan antosianin dan betakaroten ubijalar akan memperkaya selai tersebut”, tutur Pak Joko.

Pengolahan pangan berbahan baku mocaf dan ubijalar harus disosialisasikan kepada masyarakat untuk menekan angka impor terigu yang terus meningkat. Demikian isi sambutan Kepala Seksi Mutu dan Keamanan Pangan Badan Ketahanan Pangan Kabupaten Trenggalek, Ir. Sudarto, MS, mengawali acara Bimbingan Teknis Pengolahan Pangan Berbasis Ubijalar. Berbagai produk berbahan baku ubijalar diantaranya es krim, onde-onde, bakpao, selai dan kue lumpur dipraktikkan. Acara yang diselenggarakan pada 13 Desember 2011 tersebut diadakan di Lembaga Pelatihan dan Pengolahan Hasil “Tani Makmur”, diikuti oleh 30 anggota PKK dan pengrajin makanan. Kegiatan dimaksudkan untuk memperkaya penganekaragaman produk olahan pangan di Trenggalek.

Untuk Kabupaten PPU, 30 PPL dan Kelompok Wanita Tani hadir dan magang selama 3 hari di Balitkabi (21-23 Dsember 2011). Acara pelatihan pengolahan produk olahan pangan dari ubijalar digelar pada hari pertama magang. Teknologi pengolahan varietas unggul ubijalar untuk produk pangan disampaikan oleh Ir. Erliana Ginting, M.Sc, peneliti pangan Balitkabi. Berbagai produk olahan dari ubijalar dipamerkan, dipraktikkan dan dicicipi oleh para peserta magang di antaranya, cassava blanca, wingko, singkong keju serta cake tape. Produk yang menarik perhatian peserta magang adalah mie mbote, karena dari penampilan, rasa dan tekstur, tidak berbeda dengan mie yang dibuat dari terigu. Hari kedua, acara dilanjutkan dengan presentasi teknologi pengolahan varietas unggul ubikayu dan umbi-umbian lain untuk produk pangan oleh Dr. Joko Susilo Utomo. Dalam kegiatan ini peserta magang didampingi Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Dinas Pertanian, Peternakan, Perikanan dan Kelautan (DP3K) Kabupaten PPU, H. Achmad Hairi, SP. Magang petani  Kab. PPU ditutup Kepala Balitkabi, Dr. Moch. Muchlish Adie, Jumat (23/12) pagi.




 
Joomla Templates by JoomlaVision.com